Kecemasan Matematika (math anxiety)

 Ciri Kecemasan Matematika

Kecemasan matematika (math anxiety) telah didefinisikan sebagai perasaan ketegangan dan kecemasan yang mengganggu terkait manipulasi angka dan pemecahan masalah matematika dalam berbagai kehidupan sehari-hari maupun situasi akademik. Selanjutnya disebutkan juga bahwa kecemasan matematika dapat menyebabkan lupa dan kehilangan akan kepercayaan diri (Tobias .S dalam Curtain-Philips, 2012).

google’s image

Mathematical Anxiety atau mathphobia menurut Reys, dkk. (1998)(dalam Afgani D. Jarnawi, 2011) adalah ketakutan terhadap matematika atau prasangka negatif tentang matematika. Nugraha (2006) (dalam Afgani D. Jarnawi, 2011)  memberikan pengertian bahwa cemas pada matematika berarti cemas pada mata pelajaran matematika dan yang berhubungan dengannya, seperti cemas tidak mengerjakan soal, cemas pada saat ditanya oleh guru.

Berikut ini adalah daftar pertanyaan yang disusun oleh Professor Freedman  yang digunakan untuk mengidentifikasi tingkat kecemasan matematika (Freedman, 2012):

  • Saya takut ketika saya harus pergi ke kelas matematika. 1 2 3 4 5
  • Saya gelisah saat pergi ke papan tulis di kelas matematika. 1 2 3 4 5
  • Saya takut untuk bertanya di kelas matematika. 1 2 3 4 5
  • Saya selalu khawatir saat dipanggil di kelas matematika. 1 2 3 4 5
  • Saya mengerti matematika sekarang, tetapi saya khawatir bahwa itu akan segara menjadi sangat sulit. 1 2 3 4 5
  • Saya cenderung untuk keluar dari zona kelas matematika. 1 2 3 4 5
  • Saya takut tes matematika lebih dari jenis lain. 1 2 3 4 5
  • Saya tidak tahu bagaimana belajar untuk tes matematika. 1 2 3 4 5
  • Ini jelas bagi saya di kelas matematika, tetapi ketika saya pulang rasanya saya tidak pernah ada. 1 2 3 4 5
  • Aku takut aku tidak akan dapat bersaing dengan seluruh kelas. 1 2 3 4 5

Dari beberapa pendapat diatas, kita dapat menentukan beberapa ciri kecemasan matematika dalam diri seseorang sebagai berikut:

  1. Adanya rasa takut terhadap matematika;
  2. Adanya anggapan bahwa matematika itu menyulitkan (selalu berprasangka negatif);
  3. Adanya rasa tegang saat belajar matematika;
  4. Adanya rasa takut tidak bisa mengerjakan soal matematika;
  5. Adanya rasa takut dan malu tidak bisa menjawab pertanyaan guru saat belajar matematika;
  6. Adanya rasa tidak percaya diri belajar matematika;
  7. Sering lupa terhadap konsep matematika.

Meminimalkan Kecemasan Matematika

Sebelumnya mari kita simak beberapa pendapat berikut ini:

Kesimpulannya, kecemasan matematika sangat nyata dan terjadi di antara ribuan orang. Sebagian besar kegelisahan ini terjadi di kelas karena kurangnya pertimbangan gaya belajar yang berbeda dari siswa. Saat ini, kebutuhan masyarakat memerlukan kebutuhan yang lebih besar untuk matematika. Matematika harus dipandang secara positif untuk mengurangi kecemasan matematika. Oleh karena itu, guru harus memeriksa kembali metode pengajaran tradisional yang sering tidak cocok dengan gaya belajar siswa dan keterampilan yang diperlukan dalam masyarakat. Pelajaran harus disajikan dalam berbagai cara. Misalnya, konsep baru dapat diajarkan melalui bermain akting, kelompok koperasi, alat bantu visual, kegiatan nyata dan teknologi. Akibatnya setelah siswa melihat matematika menyenangkan, mereka akan menikmatinya, dan matematika yang menyenangkanbisa tetap bersama mereka sepanjang hidup mereka. (Curtain-Philips, 2012)

Kecemasan matematika adalah hal yang sulit untuk ditaklukkan, karena tidak seperti bentuk kecemasan lainnya, Anda tidak bisa mengajarkan seseorang untuk sepenuhnya menghindari kecemasan jika mereka berjuang untuk memecahkan masalah. Beberapa tingkat kecemasan adalah alami, dan beberapa orang percaya bahwa terlalu percaya diri (yaitu, tidak mempunyai kecemasan) dapat menyebabkan masalah juga. (Rivera, 2012)

Tidak banyak guru yang memberikan penjelasan rasional pada siswanya mengapa mereka harus belajar matematika. Hal tersebut menyebabkan banyak siswa yang mempunyai persepsi bahwa belajar matematika itu tidak berguna, ruwet, dan mempersulit diri. (Afgani D. Jarnawi, 2011)

Menurut Profesor Freedman ada 10 cara untuk mengatasi kecemasan matematika:

Ten Ways To Reduce Math Anxiety

  1. Overcome negative self-talk.
  2. Ask questions.
  3. Consider math a foreign language — it must be practiced.
  4. Don’t rely on memorization to study mathematics.
  5. READ your math text.
  6. Study math according to YOUR LEARNING STYLE.
  7. Get help the same day you don’t understand.
  8. Be relaxed and comfortable while studying math.
  9. “TALK” mathematics.
  10. Develop responsibility for your own successes and failures.

(Freedman, 2012)

Dari uraian pendapat diatas, beberapa hal ini mungkin dapat meminimalkan kecemasan matematika:

  1. memberikan penjelasan rasional pada siswanya mengapa mereka harus belajar matematika;
  2. menanamkan rasa percaya diri terhadap siswa bahwa mereka bisa belajar matematika, kita dapat memberikan latihan-latihan soal yang mudah-mudah saja sehingga mereka bisa mengerjakan soal-soal tersebut;
  3. menghilangkan prasangka negatif terhadap matematika, dengan cara memberikan contoh-contoh yang sederhana sampai dengan yang kompleks tentang kegunaan matematika;
  4. membelajarkan matematika dengan berbagai metode yang bisa mengakomodir berbagai model belajar siswa;
  5. Tidak mengutamakan hafalan dalam pembelajaran matematika;
  6. Pada saat pembelajaran matematika, jadikan kelas matematika menjadi kelas yang menyenangkan dan nyaman;
  7. Pada saat bertemu dengan siswa kita dimanapun, jangan segan-segan untuk  menyisipkan pembicaraan yang menyangkut tentang pembelajaran matematika kepada mereka;
  8. Tanamkan rasa tanggung jawab kepada siswa kita untuk memutuskan kesuksesan mereka;

Referensi:

 Afgani D., Jarnawi, 2011. Materi Pokok Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Curtain-Philips, Marylyn, 2012. The Causes and Prevention of Math Anxiety, dalamhttp://www.mathgoodies.com/articles/math_anxiety.html. Diakses tanggal 23 Maret 2012.

Freedman, Ellen, 2012. Do You Have Math Anxiety? A Self Test,  dalamwww.mathpower.com/anxtest.htm. Diakses tanggal 23 Maret 2012.

______. Ten Ways To Reduce Math Anxiety, dalam http://www.mathpower.com/reduce.htm. Diakses tanggal 23 Maret 2012.

Sumber : http://www.ikhsan.mgmpmatika.ltim.in

2 responses

  1. bagus banget infonya,,,, terima kasih ya,,,,
    boleh tau rekeningnya ndak? buat terima kasih

    1. OK. Sama-sama,,,,
      Via E.mail saja ya,,,,🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: