Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Memperhatikan  pengertian  masalah,  pentingnya  siswa  belajar  pemecahan
masalah,  langkah-langkah  dan  strategi  pemecahan masalah,  seperti  tersebut  di  atas,
maka  memiliki  kemampuan  pemecahan  masalah  tidak  hanya  penting  untuk  siswa,
tetapi juga penting untuk mahasiswa, khususnya mahasiswa calon guru matematika.
Pentingnya  kemampuan  pemecahan  masalah  bagi  seorang  calon  guru
matematika,  seperti halnya  kemampuan  yang  lain,  yaitu  penalaran  dan  pembuktian,
komunikasi,  koneksi,  maupun  representasi  matematik,  terbukti  dari  ditentukannya
standar  untuk  kemampuan-kemampuan  tersebut  dalam  NCTM  (National  Council  of
Teachers  of  Mathematics,  2003).  Seorang  calon  guru  matematika  haruslah
mengetahui,  memahami,  dan  dapat  menerapkan  proses  dari  pemecahan  masalah
matematika.  Lebih-lebih  bagi  seorang  calon  guru matematika,  tidaklah  cukup  hanya
mempunyai kemampuan pemecahan masalah untuk dirinya sendiri, sebab kelak jika ia
telah menjadi guru, ia akan mempunyai tugas yang berat, yaitu membimbing siswanya
agar memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah matematika.
Indikator  yang  dapat  menunjukkan  apakah  seorang  calon  guru  matematika
telah mempunyai kemampuan pemecahan masalah, menurut NCTM (2003) adalah: (1)
Menerapkan  dan  mengadaptasi  berbagai  pendekatan  dan  strategi  untuk
menyelesaikan  masalah,  (2)  Menyelesaikan  masalah  yang  muncul  di  dalam
matematika atau di dalam konteks  lain yang melibatkan matematika, (3) Membangun pengetahuan matematis yang baru lewat pemecahan masalah, dan (4) Memonitor dan
merefleksi pada proses pemecahan masalah matematis.
Terkait  dengan  indikator  pertama,  yaitu  mampu  menerapkan  dan
mengadaptasi  berbagai  pendekatan  dan  strategi  untuk  menyelesaikan  masalah  ini
sangat  penting  bagi  seorang  calon  guru  terkait  dengan  tugasnya  nanti  dalam
membimbing siswa menyelesaikan masalah.
Kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang muncul di dalam matematika
atau di  dalam  konteks  lain  yang melibatkan matematika, penting bagi  seorang  calon
guru  matematika  agar  ia  mempunyai  cukup  ketrampilan  yang  akan  digunakannya
untuk membimbing  siswa belajar matematika nantinya, apalagi  jika dikaitkan dengan
perlunya  siswa  belajar  matematika  dalam  konteks  yang  beragam,  sebagaimana
disarankan dalam pendekatan kontekstual.
Indikator ketiga, yaitu mampu membangun pengetahuan matematis yang baru
lewat  pemecahan  masalah,  terutama  terkait  dengan  perlunya  seorang  calon  guru
matematika mampu memilih dan mengembangkan masalah dan penyelesaiannya, agar
nanti  iapun  kelak  jika  telah  menjadi  guru  akan  dapat  mengarahkan  para  siswanya
belajar berbagai ketrampilan matematis, dan membangun gagasan-gagasan matematis
yang penting.
Memonitor  dan  merefleksi  pada  proses  pemecahan  masalah  matematis,
bermakna bahwa untuk menjadi  seorang pemecah masalah  yang baik,  seorang calon
guru  matematika  haruslah  mampu  secara  kritis  meninjau  sendiri  apa  strategi
penyelesaian  yang  sudah  dipilihnya.  Bransford  (dalam  NCTM,  2000)  menyatakan
bahwa para pemecah masalah yang baik menyadari apa yang sedang mereka  lakukan
dan  seringkali memonitor, atau meninjau  sendiri,  kemajuan diri mereka  sendiri, atau
menyesuaikan  strategi-strategi  mereka  saat  menghadapi  dan  memecahkan
permasalahan.

sumber : KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA: APA dan BAGAIMANA MENGEMBANGKANNYA (Djamilah Bondan Widjajanti Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta) unduh

referensi :

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK
PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH
(PROBLEM SOLVING)(unduh)

Kirkley, Jamie. (2003). Principles for Teaching Problem Solving. Plato Learning, Inc. (unduh)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: