Self Efficacy

self-eficacy

Menurut Bandura (1997), self efficacy beliefs adalah keyakinan seseorang terhadap kemampuan yang dimilikinya untuk menentukan dan melaksanakan berbagai tindakan yang diperlukan untuk
menghasilkan suatu pencapaian.
Pajares (1997), self efficacy beliefs adalah penilaian seseorang terhadap kemampuan diri untuk mengorganisasikan dan melaksanakan langkah-langkah yang terarah untuk mencapai suatu tujuan.
Coetzee & Cilliers (2001) menyatakan self efficacy beliefs sebagai keyakinan individu untuk bisa menampilkan perilaku dengan performa yang efektif sehingga bisa menyelesaikan tugas tertentu dengan baik.
Norwich (dalam Azwar, 1996) mendefinisikan self efficacy beliefs sebagai keyakinan diri yang merupakan salah satu faktor personal yang menjadi perantara interaksi antara faktor perilaku dan faktor lingkungan. Tingginya keyakinan diri yang dipersepsikan akan memotivasi individu secara kognitif untuk bertindak lebih terarah, terutama apabila tujuan yang hendak dicapai merupakan tujuan yang jelas.
Berdasarkan definisi diatas dapat disimpulkan bahwa self efficacy beliefs adalah keyakinan seseorang terhadap kemampuan yang dimilikinya untuk mengorganisasikan dan bisa menampilkan perilaku performa yang efektif sehingga bisa menyelesaikan tugas tertentu dengan baik serta merupakan salah satu faktor personal yang menjadi perantara antara faktor perilaku dan faktor lingkungan.

sumber : JURNAL PENGARUH SELF EFFICACY BELIEFS TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA SMA KELAS XI JURUSAN IPS(Rika Indah Amalia-Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma) (Unduh)

referensi online :

Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action: A social cognitive theory. New Jersey: Prentice-Hall. (Unduh)

Bandura, A. (1995). Self-Efficacy in changing society. New York: Cambridge University Press. (unduh)

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The exercise of control. New York: W. H. Freeman and Company.

Self-Efficacy in College Teaching Anita Woolfolk Hoy, The Ohio State University (unduh)

Self-eficacy-Albert Bandura (unduh)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: